Membuat Starter Probiotik

6 komentar
885_190427224430555_160385057_n
Starter ini berfungsi untuk memulai segala aktifitas dalam fermentasi probiotik, hal ini mempunyai kemampuan mengekstrak bahan bahan lain. Meningkatkan kandungan bahan pakan, membuat herbal dan masih banyak lagi, adapun cara nya sebagai berikut
Cara pertama :
Cara membuat probiotik starter secara sederhana :
  • 50g molase
  • 100 cc fresh milk
  • 50g jus kedelai
  • 1 liter air
rebus adukan diatas selama 15-30 menit , terus di dinginkan, campur dengan biang bakteri yoghurt atau kefir atau dadih. di taro 2 hari di dalam drum atau ember, pake alat oxygen pompa buat aquarium
Cara kedua :
cara pembuatan dan bahan-bahan Starter Probiotik sebagai berikut :
Bahan-bahan yang di gunakan untuk pembuatan 100 liter: ­
  1. Jahe Merah 3 kg
  2. Kunyit Putih 5 k
  3. Gula Merah 5 kg
  4. Temu Lawak 5 kg ­
  5. Markisa/Nanas 3 kg
  6. Dedak Halus 2 kg ­
  7. Susu Segar 5 liter
  8. Tetes 5 liter
Rempah – rempah (jahe merah, kunyit putih, temulawak) di cuci dan di potong-potong, lalu dihaluskan dengan diskmill, kemudian rempah-rempah yang sudah di haluskan ditambah dengan gula merah, dedak, tetes dimasak hingga mencapai suhu 100 0 c. Buah Markisa / Belimbing / Nanas di haluskan dengan blender, lalu di panaskan bersama susu pada suhu 60 0c. Pemanasan dengan suhu dibawah 100 0c bertujuan untuk menjaga agar vitamin c yang ada tidak rusak, kemudian seluruh bahan yang sudah di masak dicampur dan dimasukan kedalam satu wadah pada kondisi masi panas, dan dibiarkan sampai dingin dalam keadaan tertutup rapat (maksimum 48 jam) yang bertujuan untuk menjaga kesterilan, agar tidak terkontaminasi dengan bakteri lain. Setelah dingin dapat kita masukan bakteri starter Probiotik sebanyak 2 liter kemudian ditutup rapat kembali dan dipermentasikan selama satu bulan untuk siap pakai/gunakan pada pembuatan permentasi pakan . Probiotik itu sendiri adalah makanan tambahan (suplemen)

6 Responses so far

  1. bagus, dan terima kasih atas informasinya, tapi saya masih penasaran dan belum dapat untuk mengetahui ada sebuah produk yang dibuat oleh RGB GUNAWAN seorang struktur budidaya lele produknya MIRACLE GREEN Probiotik organik apa saja bahannya dalam pembuatan starter tersebut. kalau ada informasi yang lain bubuhkan atau sajikan juga pada blog ini. Terima kasih.

  2. Anonim says:

    Saya akan mencadangkan sesiapa yang mencari Pinjaman Perniagaan untuk Le_Meridian mereka membantu saya dengan pinjaman Empat Juta USD untuk memulakan perniagaan Quilting saya dan ia adalah pantas Apabila mendapatkan pinjaman dari mereka itu mengejutkan betapa mudahnya mereka bekerja. Mereka boleh membiayai sehingga $ 500,000.000.00 (Lima Hundred Million Dolar) di mana-mana rantau di dunia selagi ada 1.9% ROI boleh dijamin pada projek-projek.Prosesnya cepat dan terjamin. Ia pastinya pengalaman yang positif.Buat penipu di sini dan hubungi Perkhidmatan Pembiayaan Le_Meridian. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. jika anda mencari pinjaman perniagaan.

Leave a Reply

Silahkan Komen Anda...

Labels